PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Karangdowo)
PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Karangdowo Tahun Ajaran 2010/2011) Dina Maryana, A 410 070 294, Program Studi Pendidikan Mate...
Tallennettuna:
Päätekijä: | |
---|---|
Aineistotyyppi: | Opinnäyte |
Kieli: | English English English English English English English |
Julkaistu: |
2011
|
Aiheet: | |
Linkit: | https://eprints.ums.ac.id/13741/ |
Tagit: |
Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
|
Yhteenveto: | PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
PADA GARIS DAN SUDUT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN
LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE
(PTK Pembelajaran Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Karangdowo
Tahun Ajaran 2010/2011)
Dina Maryana, A 410 070 294, Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2011, 88 Halaman
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) meningkatkan keaktifan siswa, 2) hasil
belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat
kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala
sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data.
Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3
Karangdowo, yang berjumlah 40 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan
hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes
dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.
Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa yang dapat
dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan dan hasil belajar yang meliputi: 1)
mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 20 %, putaran I 47,23 %, putaran II
51,28 % dan di akhir tindakan 82,5 %, 2) mengemukakan pendapat sebelum tindakan
22,5 %, putaran I 33,34 %, putaran II 43,59 % dan di akhir tindakan 65 %, 3) menanggapi
atau mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 12,5 %, putaran I 30,56 %, putaran II
38,46 % dan di akhir tindakan 72,5 %, 4) menjawab pertanyaan dengan langkah dan
jawaban yang tepat sebelum tindakan 17,5 %, putaran I 27,78 %, putaran II 35,89 % dan
di akhir tindakan 82,5 %, 5) hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama
dengan 63 sebelum tindakan 37,5%, putaran I 47,23%, putaran II 58,97%, dan di akhir
tindakan 82,5 % Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran
lightening the learning climate dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
|
---|