PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiy...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HADI, SYAIFUL
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13739/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995958190112768
author HADI, SYAIFUL
author_facet HADI, SYAIFUL
author_sort HADI, SYAIFUL
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan sejumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung > ttable yaitu 2,987 > 2,110 pada taraf signifikansi 5 %. (2) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan t hitung > t tabel yaitu 3,622 > 2,110 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan harga Ftabel 5% = 3,59. Sedangkan Fhitung = 13,810. Ternyata Ftabel 5% < Fhitung atau Fhitung > Ftabel. Besarnya sumbangan relatif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 26,1% dan besarnya sumbangan relatif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,8% sedangkan besarnya sumbangan efektif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 42,2% dan besarnya sumbangan efektif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 57,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13739
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13739 https://eprints.ums.ac.id/13739/ PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011 HADI, SYAIFUL L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan sejumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung > ttable yaitu 2,987 > 2,110 pada taraf signifikansi 5 %. (2) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan t hitung > t tabel yaitu 3,622 > 2,110 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan harga Ftabel 5% = 3,59. Sedangkan Fhitung = 13,810. Ternyata Ftabel 5% < Fhitung atau Fhitung > Ftabel. Besarnya sumbangan relatif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 26,1% dan besarnya sumbangan relatif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,8% sedangkan besarnya sumbangan efektif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 42,2% dan besarnya sumbangan efektif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 57,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/1/HAL_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/14/LAMPIRAN.pdf HADI, SYAIFUL (2011) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070210
spellingShingle L Education (General)
HADI, SYAIFUL
PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011
title PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011
title_full PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011
title_short PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011
title_sort pengaruh profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa mi muhammadiyah cekelan desa kauman kecamatan kemusu kabupaten boyolali tahun 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13739/
work_keys_str_mv AT hadisyaiful pengaruhprofesionalismegurudanfasilitasbelajarterhadapprestasibelajarsiswamimuhammadiyahcekelandesakaumankecamatankemusukabupatenboyolalitahun20102011