PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiy...
में बचाया:
मुख्य लेखक: | |
---|---|
स्वरूप: | थीसिस |
भाषा: | English English English English English English English English |
प्रकाशित: |
2011
|
विषय: | |
ऑनलाइन पहुंच: | https://eprints.ums.ac.id/13739/ |
टैग: |
टैग जोड़ें
कोई टैग नहीं, इस रिकॉर्ड को टैग करने वाले पहले व्यक्ति बनें!
|
_version_ | 1804995958190112768 |
---|---|
author | HADI, SYAIFUL |
author_facet | HADI, SYAIFUL |
author_sort | HADI, SYAIFUL |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh
yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI
Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas
belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (3)
ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah
Cekelan. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini
menggunakan bentuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah
Cekelan sejumlah 20 siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik analisis
regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada
pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa
kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung >
ttable yaitu 2,987 > 2,110 pada taraf signifikansi 5 %. (2) Ada pengaruh yang
signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI
Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan t hitung > t tabel yaitu
3,622 > 2,110 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara
profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi
belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan
harga Ftabel 5% = 3,59. Sedangkan Fhitung = 13,810. Ternyata Ftabel 5% < Fhitung atau
Fhitung > Ftabel. Besarnya sumbangan relatif profesionalisme guru terhadap prestasi
belajar siswa sebesar 26,1% dan besarnya sumbangan relatif fasilitas belajar
terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,8% sedangkan besarnya sumbangan
efektif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 42,2% dan
besarnya sumbangan efektif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa
sebesar 57,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar
siswa.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13739 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13739 https://eprints.ums.ac.id/13739/ PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011 HADI, SYAIFUL L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan sejumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung > ttable yaitu 2,987 > 2,110 pada taraf signifikansi 5 %. (2) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan t hitung > t tabel yaitu 3,622 > 2,110 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan harga Ftabel 5% = 3,59. Sedangkan Fhitung = 13,810. Ternyata Ftabel 5% < Fhitung atau Fhitung > Ftabel. Besarnya sumbangan relatif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 26,1% dan besarnya sumbangan relatif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,8% sedangkan besarnya sumbangan efektif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 42,2% dan besarnya sumbangan efektif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 57,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/1/HAL_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13739/14/LAMPIRAN.pdf HADI, SYAIFUL (2011) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070210 |
spellingShingle | L Education (General) HADI, SYAIFUL PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011 |
title | PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH
CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU
KABUPATEN BOYOLALI
TAHUN 2010/2011
|
title_full | PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH
CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU
KABUPATEN BOYOLALI
TAHUN 2010/2011
|
title_fullStr | PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH
CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU
KABUPATEN BOYOLALI
TAHUN 2010/2011
|
title_full_unstemmed | PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH
CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU
KABUPATEN BOYOLALI
TAHUN 2010/2011
|
title_short | PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH
CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU
KABUPATEN BOYOLALI
TAHUN 2010/2011
|
title_sort | pengaruh profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa mi muhammadiyah cekelan desa kauman kecamatan kemusu kabupaten boyolali tahun 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13739/ |
work_keys_str_mv | AT hadisyaiful pengaruhprofesionalismegurudanfasilitasbelajarterhadapprestasibelajarsiswamimuhammadiyahcekelandesakaumankecamatankemusukabupatenboyolalitahun20102011 |