PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiy...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Ձևաչափ: | Թեզիս |
Լեզու: | English English English English English English English English |
Հրապարակվել է: |
2011
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | https://eprints.ums.ac.id/13739/ |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
Ամփոփում: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh
yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI
Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas
belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (3)
ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah
Cekelan. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini
menggunakan bentuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah
Cekelan sejumlah 20 siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik analisis
regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada
pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa
kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung >
ttable yaitu 2,987 > 2,110 pada taraf signifikansi 5 %. (2) Ada pengaruh yang
signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI
Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan t hitung > t tabel yaitu
3,622 > 2,110 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara
profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi
belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan
harga Ftabel 5% = 3,59. Sedangkan Fhitung = 13,810. Ternyata Ftabel 5% < Fhitung atau
Fhitung > Ftabel. Besarnya sumbangan relatif profesionalisme guru terhadap prestasi
belajar siswa sebesar 26,1% dan besarnya sumbangan relatif fasilitas belajar
terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,8% sedangkan besarnya sumbangan
efektif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 42,2% dan
besarnya sumbangan efektif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa
sebesar 57,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar
siswa.
|
---|