EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: IWAN DARWANTO , YUNUS
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13738/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995957915385856
author IWAN DARWANTO , YUNUS
author_facet IWAN DARWANTO , YUNUS
author_sort IWAN DARWANTO , YUNUS
collection ePrints
description EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011) Yunus Iwan D, A 410 060 250, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 68 Halaman Tujuan Penelitian untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode metode ARCS (Attention Relvansi Confidenc Satisfaction) bermedia Macromedia Flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan membandingkan model pembelajaran ARCS bermedia macromedia flash dengan pembelajaran konvensional adakah perbedan prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VII MTsN 1 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes, sedangkan dokumentasi sebagai metode bantu. Data tes prestasi belajar siswa diambil dengan metode tes. Prasyarat uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian 0,05 menunjukkan t hitung > t tabel, yaitu 2,222 > 1,999, maka hasil dengan belajar matematika dengan model pembelajaran ARCS bermedia Mmacromedia flash lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Dengan adanya perbedaan prestasi dalam penggunaan media macromedia flash denga model pembelajaran ARCS dengan pembelajaran konvensional, maka model belajar dengan menggunakan media berpengaruh dengan prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13738
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13738 https://eprints.ums.ac.id/13738/ EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011) IWAN DARWANTO , YUNUS L Education (General) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011) Yunus Iwan D, A 410 060 250, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 68 Halaman Tujuan Penelitian untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode metode ARCS (Attention Relvansi Confidenc Satisfaction) bermedia Macromedia Flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan membandingkan model pembelajaran ARCS bermedia macromedia flash dengan pembelajaran konvensional adakah perbedan prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VII MTsN 1 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes, sedangkan dokumentasi sebagai metode bantu. Data tes prestasi belajar siswa diambil dengan metode tes. Prasyarat uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian 0,05 menunjukkan t hitung > t tabel, yaitu 2,222 > 1,999, maka hasil dengan belajar matematika dengan model pembelajaran ARCS bermedia Mmacromedia flash lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Dengan adanya perbedaan prestasi dalam penggunaan media macromedia flash denga model pembelajaran ARCS dengan pembelajaran konvensional, maka model belajar dengan menggunakan media berpengaruh dengan prestasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13738/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13738/3/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13738/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13738/5/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13738/6/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13738/9/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13738/11/daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13738/13/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf IWAN DARWANTO , YUNUS (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060250
spellingShingle L Education (General)
IWAN DARWANTO , YUNUS
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)
title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)
title_full EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)
title_fullStr EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)
title_full_unstemmed EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)
title_short EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)
title_sort efektivitas penggunaan media macromedia flash dengan penerapan model pembelajaran matematika arcs attention relvansi confidence satisfaction demi menunjang ktsp pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di mtsn 1 surakarta kelas vii semester 1 tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13738/
work_keys_str_mv AT iwandarwantoyunus efektivitaspenggunaanmediamacromediaflashdenganpenerapanmodelpembelajaranmatematikaarcsattentionrelvansiconfidencesatisfactiondemimenunjangktsppadapokokbahasanoperasihitungbentukaljabardimtsn1surakartakelasviisemester1tahunajaran20102011