EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13738/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARCS (ATTENTION
RELVANSI CONFIDENCE SATISFACTION) DEMI MENUNJANG KTSP PADA
POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR
(Di MTsN 1 Surakarta Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2010/ 2011)
Yunus Iwan D, A 410 060 250, Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Surakarta,
2011, 68 Halaman
Tujuan Penelitian untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika
dengan metode metode ARCS (Attention Relvansi Confidenc Satisfaction)
bermedia Macromedia Flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan
membandingkan model pembelajaran ARCS bermedia macromedia flash
dengan pembelajaran konvensional adakah perbedan prestasi belajar. Subjek
penelitian ini adalah Siswa Kelas VII MTsN 1 Surakarta yang berjumlah 32
siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah teknik cluster random
sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes, sedangkan
dokumentasi sebagai metode bantu. Data tes prestasi belajar siswa diambil
dengan metode tes. Prasyarat uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan
uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian
0,05 menunjukkan t hitung > t tabel, yaitu 2,222 > 1,999, maka hasil
dengan
belajar matematika dengan model pembelajaran ARCS bermedia
Mmacromedia flash lebih baik dari model pembelajaran konvensional.
Dengan adanya perbedaan prestasi dalam penggunaan media macromedia
flash denga model pembelajaran ARCS dengan pembelajaran konvensional,
maka model belajar dengan menggunakan media berpengaruh dengan prestasi
belajar siswa.
|
---|