IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RATNAWATI, TRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13736/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995957366980608
author RATNAWATI, TRI
author_facet RATNAWATI, TRI
author_sort RATNAWATI, TRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan metode Index Card Match dan metode ceramah bervariasi, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,701 > ttabel = 1,998. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi, berdasarkan nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu thitung = 85,94 > ttabel = 78,79.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13736
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13736 https://eprints.ums.ac.id/13736/ IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 RATNAWATI, TRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan metode Index Card Match dan metode ceramah bervariasi, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,701 > ttabel = 1,998. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi, berdasarkan nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu thitung = 85,94 > ttabel = 78,79. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13736/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13736/3/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13736/5/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13736/7/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13736/13/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13736/16/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13736/19/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13736/21/09_LAMPIRAN.pdf RATNAWATI, TRI (2011) IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070225
spellingShingle L Education (General)
RATNAWATI, TRI
IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort implementasi metode index card match dan metode ceramah bervariasi dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas iv sd muhammadiyah 2 kauman surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13736/
work_keys_str_mv AT ratnawatitri implementasimetodeindexcardmatchdanmetodeceramahbervariasidalampembelajaranmatematikapadasiswakelasivsdmuhammadiyah2kaumansurakartatahunajaran20102011