IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervar...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: RATNAWATI, TRI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13736/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan metode Index Card Match dan metode ceramah bervariasi, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,701 > ttabel = 1,998. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi, berdasarkan nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu thitung = 85,94 > ttabel = 78,79.