IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervar...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13736/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran
Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika,
(2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index
Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD
Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas
eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang
sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors
untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis
data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi
belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan
metode Index Card Match dan metode ceramah bervariasi, berdasarkan uji t
diperoleh thitung = 2,701 > ttabel = 1,998. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang
menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan
metode ceramah bervariasi, berdasarkan nilai rata-rata prestasi belajar matematika
kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu thitung = 85,94 > ttabel = 78,79.
|
---|