IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervar...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: RATNAWATI, TRI
Format: Thesis
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/13736/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan metode Index Card Match dan metode ceramah bervariasi, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,701 > ttabel = 1,998. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi, berdasarkan nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu thitung = 85,94 > ttabel = 78,79.