PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta) Praditya Inggit Saputri, A410070158, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: INGGIT SAPUTRI , PRADITYA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13733/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995956540702720
author INGGIT SAPUTRI , PRADITYA
author_facet INGGIT SAPUTRI , PRADITYA
author_sort INGGIT SAPUTRI , PRADITYA
collection ePrints
description PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta) Praditya Inggit Saputri, A410070158, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 86 Halaman Tujuan penelitian mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep trigonometri menggunakan strategi Peer Lesson. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta, yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep trigonometri siswa menggunakan strategi Peer Lesson. Hal ini dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengkontruksikan permasalahan kehidupan sehari-hari dalam perbandingan trigonometri sebelum tindakan 20%, putaran I 80%, putaran II 84,37% dan di akhir tindakan 96,87%, b) menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 6,67%, putaran I 46,66%, putaran II 56,2% dan di akhir tindakan 93,75%, c) menyelesaikan perhitungan soal sebelum tindakan 3,33%, putaran I 50%, putaran II 65,62% dan di akhir tindakan 84,37%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Peer Lesson dapat meningkatkan pemahaman konsep trigonometri siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13733
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13733 https://eprints.ums.ac.id/13733/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta) INGGIT SAPUTRI , PRADITYA L Education (General) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta) Praditya Inggit Saputri, A410070158, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 86 Halaman Tujuan penelitian mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep trigonometri menggunakan strategi Peer Lesson. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta, yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep trigonometri siswa menggunakan strategi Peer Lesson. Hal ini dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengkontruksikan permasalahan kehidupan sehari-hari dalam perbandingan trigonometri sebelum tindakan 20%, putaran I 80%, putaran II 84,37% dan di akhir tindakan 96,87%, b) menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 6,67%, putaran I 46,66%, putaran II 56,2% dan di akhir tindakan 93,75%, c) menyelesaikan perhitungan soal sebelum tindakan 3,33%, putaran I 50%, putaran II 65,62% dan di akhir tindakan 84,37%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Peer Lesson dapat meningkatkan pemahaman konsep trigonometri siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13733/1/2%29_Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13733/3/3%29_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13733/7/4%29_Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13733/9/5%29_Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13733/11/6%29_Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13733/12/7%29_Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13733/14/8%29_Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13733/15/9%29_Lampiran.pdf INGGIT SAPUTRI , PRADITYA (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070158
spellingShingle L Education (General)
INGGIT SAPUTRI , PRADITYA
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)
title_sort peningkatan pemahaman konsep trigonometri menggunakan strategi peer lesson ptk pembelajaran matematika kelas x semester ii sma batik 1 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13733/
work_keys_str_mv AT inggitsaputripraditya peningkatanpemahamankonseptrigonometrimenggunakanstrategipeerlessonptkpembelajaranmatematikakelasxsemesteriismabatik1surakarta