PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta) Praditya Inggit Saputri, A410070158, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pen...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: INGGIT SAPUTRI , PRADITYA
Format: Thesis
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/13733/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta) Praditya Inggit Saputri, A410070158, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 86 Halaman Tujuan penelitian mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep trigonometri menggunakan strategi Peer Lesson. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta, yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep trigonometri siswa menggunakan strategi Peer Lesson. Hal ini dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengkontruksikan permasalahan kehidupan sehari-hari dalam perbandingan trigonometri sebelum tindakan 20%, putaran I 80%, putaran II 84,37% dan di akhir tindakan 96,87%, b) menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 6,67%, putaran I 46,66%, putaran II 56,2% dan di akhir tindakan 93,75%, c) menyelesaikan perhitungan soal sebelum tindakan 3,33%, putaran I 50%, putaran II 65,62% dan di akhir tindakan 84,37%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Peer Lesson dapat meningkatkan pemahaman konsep trigonometri siswa.