PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta) Praditya Inggit Saputri, A410070158, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pen...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13733/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI
MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON
(PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta)
Praditya Inggit Saputri, A410070158, Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2011, 86 Halaman
Tujuan penelitian mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep
trigonometri menggunakan strategi Peer Lesson. Jenis penelitian PTK kolaboratif.
Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X SMA Batik 1
Surakarta, yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode
observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara
deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan observasi secara
terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan pemahaman konsep trigonometri siswa menggunakan strategi Peer
Lesson. Hal ini dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a)
mengkontruksikan permasalahan kehidupan sehari-hari dalam perbandingan
trigonometri sebelum tindakan 20%, putaran I 80%, putaran II 84,37% dan di
akhir tindakan 96,87%, b) menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan
6,67%, putaran I 46,66%, putaran II 56,2% dan di akhir tindakan 93,75%, c)
menyelesaikan perhitungan soal sebelum tindakan 3,33%, putaran I 50%, putaran
II 65,62% dan di akhir tindakan 84,37%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa
penerapan strategi Peer Lesson dapat meningkatkan pemahaman konsep
trigonometri siswa.
|
---|