PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas)
PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA Danis Putriningsih, A 410 070 088, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uni...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13730/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995955713376256 |
---|---|
author | PUTRININGSIH , DANIS |
author_facet | PUTRININGSIH , DANIS |
author_sort | PUTRININGSIH , DANIS |
collection | ePrints |
description | PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING
ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN
SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Danis Putriningsih, A 410 070 088, Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2011, 77 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan
strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh prestasi
belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) interaksi antara
strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar
matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Cawas, Klaten. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 46
siswa, yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai
kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data
menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang
sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk
uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut
dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf
signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan
penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan
nilai Fa = 5.301, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika
ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 15.895, (3) tidak ada
interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa
terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.591.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13730 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13730 https://eprints.ums.ac.id/13730/ PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas) PUTRININGSIH , DANIS L Education (General) PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA Danis Putriningsih, A 410 070 088, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 77 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas, Klaten. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa, yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 5.301, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 15.895, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.591. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13730/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13730/3/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13730/6/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13730/7/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13730/10/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13730/14/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13730/16/08_DAFTAR_PUSTAKA_.pdf PUTRININGSIH , DANIS (2011) PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070088 |
spellingShingle | L Education (General) PUTRININGSIH , DANIS PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas) |
title | PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING
ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN
SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
(Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas) |
title_full | PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING
ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN
SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
(Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas) |
title_fullStr | PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING
ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN
SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
(Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas) |
title_full_unstemmed | PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING
ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN
SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
(Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas) |
title_short | PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING
ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN
SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
(Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas) |
title_sort | pengaruh pendekatan giving questions and getting answers dan conceptual understanding terhadap prestasi belajar matematika pada garis dan sudut ditinjau dari motivasi belajar siswa eksperimen pada siswa kelas vii smp n 2 cawas |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13730/ |
work_keys_str_mv | AT putriningsihdanis pengaruhpendekatangivingquestionsandgettinganswersdanconceptualunderstandingterhadapprestasibelajarmatematikapadagarisdansudutditinjaudarimotivasibelajarsiswaeksperimenpadasiswakelasviismpn2cawas |