PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP N 2 Cawas)

PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA Danis Putriningsih, A 410 070 088, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uni...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: PUTRININGSIH , DANIS
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
English
English
English
Publié: 2011
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/13730/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:PENGARUH PENDEKATAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA Danis Putriningsih, A 410 070 088, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 77 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas, Klaten. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa, yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 5.301, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 15.895, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.591.