ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka (open- ended). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri I Bero yang berjumlah 26 anak. Metode pengumpulan data yang digunak...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13728/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995955168116736 |
---|---|
author | WIJAYANTO, RUDY NURHADI |
author_facet | WIJAYANTO, RUDY NURHADI |
author_sort | WIJAYANTO, RUDY NURHADI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kesulitan
siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka
(open- ended). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri I
Bero yang berjumlah 26 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes, metode wawancara, dan metode observasi. Tes disini adalah berupa
soal-soal pemecahan masalah bentuk terbuka (open ended). Metode analisis data
yang digunakan adalah analysis interactive yang dimulai dari tahap pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan
analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan
bahwa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika bentuk
terbuka siswa masih mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut terdapat pada
langkah penyelesaianya, yaitu merumuskan masalah sebesar 5,38%,
merencanakan strategi sebesar 36,16%, melaksanakan strategi sebesar 64,61%,
dan memeriksa jawaban sebesar 76,15%. Adapun faktor yang mempengaruhi
kesulitan tersebut adalah kurangnya penguasaan konsep materi yang ditanyakan
dalam soal dan kemampuan kognitif siswa yang masih rendah.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13728 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13728 https://eprints.ums.ac.id/13728/ ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 WIJAYANTO, RUDY NURHADI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka (open- ended). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri I Bero yang berjumlah 26 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, dan metode observasi. Tes disini adalah berupa soal-soal pemecahan masalah bentuk terbuka (open ended). Metode analisis data yang digunakan adalah analysis interactive yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka siswa masih mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut terdapat pada langkah penyelesaianya, yaitu merumuskan masalah sebesar 5,38%, merencanakan strategi sebesar 36,16%, melaksanakan strategi sebesar 64,61%, dan memeriksa jawaban sebesar 76,15%. Adapun faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut adalah kurangnya penguasaan konsep materi yang ditanyakan dalam soal dan kemampuan kognitif siswa yang masih rendah. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/1/1_Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/4/2_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/6/3_Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/9/4_Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/13/5_Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/17/7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/20/6_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/23/8_LAMPIRAN.pdf WIJAYANTO, RUDY NURHADI (2011) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070106 |
spellingShingle | L Education (General) WIJAYANTO, RUDY NURHADI ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN
SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_full | ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN
SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_fullStr | ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN
SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_full_unstemmed | ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN
SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_short | ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN
SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_sort | analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka kelas v sd negeri i bero tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13728/ |
work_keys_str_mv | AT wijayantorudynurhadi analisiskesulitansiswadalammenyelesaikansoalsoalpemecahanmasalahmatematikabentukterbukakelasvsdnegeriiberotahunpelajaran20102011 |