ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka (open- ended). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri I Bero yang berjumlah 26 anak. Metode pengumpulan data yang digunak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIJAYANTO, RUDY NURHADI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13728/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995955168116736
author WIJAYANTO, RUDY NURHADI
author_facet WIJAYANTO, RUDY NURHADI
author_sort WIJAYANTO, RUDY NURHADI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka (open- ended). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri I Bero yang berjumlah 26 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, dan metode observasi. Tes disini adalah berupa soal-soal pemecahan masalah bentuk terbuka (open ended). Metode analisis data yang digunakan adalah analysis interactive yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka siswa masih mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut terdapat pada langkah penyelesaianya, yaitu merumuskan masalah sebesar 5,38%, merencanakan strategi sebesar 36,16%, melaksanakan strategi sebesar 64,61%, dan memeriksa jawaban sebesar 76,15%. Adapun faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut adalah kurangnya penguasaan konsep materi yang ditanyakan dalam soal dan kemampuan kognitif siswa yang masih rendah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13728
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13728 https://eprints.ums.ac.id/13728/ ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 WIJAYANTO, RUDY NURHADI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka (open- ended). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri I Bero yang berjumlah 26 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, dan metode observasi. Tes disini adalah berupa soal-soal pemecahan masalah bentuk terbuka (open ended). Metode analisis data yang digunakan adalah analysis interactive yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka siswa masih mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut terdapat pada langkah penyelesaianya, yaitu merumuskan masalah sebesar 5,38%, merencanakan strategi sebesar 36,16%, melaksanakan strategi sebesar 64,61%, dan memeriksa jawaban sebesar 76,15%. Adapun faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut adalah kurangnya penguasaan konsep materi yang ditanyakan dalam soal dan kemampuan kognitif siswa yang masih rendah. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/1/1_Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/4/2_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/6/3_Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/9/4_Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/13/5_Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/17/7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/20/6_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13728/23/8_LAMPIRAN.pdf WIJAYANTO, RUDY NURHADI (2011) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070106
spellingShingle L Education (General)
WIJAYANTO, RUDY NURHADI
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka kelas v sd negeri i bero tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13728/
work_keys_str_mv AT wijayantorudynurhadi analisiskesulitansiswadalammenyelesaikansoalsoalpemecahanmasalahmatematikabentukterbukakelasvsdnegeriiberotahunpelajaran20102011