OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHERE HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010) Aris Tri Santoso, A 410 060 236, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13727/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995954895486976 |
---|---|
author | SANTOSO , ARIS TRI |
author_facet | SANTOSO , ARIS TRI |
author_sort | SANTOSO , ARIS TRI |
collection | ePrints |
description | OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHERE HERE
PADA POKOK BAHASAN PECAHAN
(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
Aris Tri Santoso, A 410 060 236, Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Surakarta,
2011, 61 Halaman
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa pada
pecahan dengan menggunakan Metode everyone is teachere here dengan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara
peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah
sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek
penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIIE SMP Al-Islam
Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi,
tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif
dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat
siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa
dalam: 1) persiapan materi pembelajaran sebelum tindakan dari 18 siswa (48,64
%) menjadi 33 siswa (89,19 %), 2) mengemukakan ide dari 5 siswa (13,51 %)
menjadi 21 siswa (56,75%), 3). Mengerjakan soal-soal latihan dari guru
meningkat dari 23 siswa (62,16 %) menjadi 35 siswa (94,59 %), 5) Menanyakan
yang belum jelas meningkat dari 4 siswa (10,81 %) menjadi 22 siswa (59,45 %).
Kesimpulan penelitian ini adalah Metode everyone is teachere here dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13727 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13727 https://eprints.ums.ac.id/13727/ OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) SANTOSO , ARIS TRI L Education (General) OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHERE HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010) Aris Tri Santoso, A 410 060 236, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 61 Halaman Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa pada pecahan dengan menggunakan Metode everyone is teachere here dengan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIIE SMP Al-Islam Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa dalam: 1) persiapan materi pembelajaran sebelum tindakan dari 18 siswa (48,64 %) menjadi 33 siswa (89,19 %), 2) mengemukakan ide dari 5 siswa (13,51 %) menjadi 21 siswa (56,75%), 3). Mengerjakan soal-soal latihan dari guru meningkat dari 23 siswa (62,16 %) menjadi 35 siswa (94,59 %), 5) Menanyakan yang belum jelas meningkat dari 4 siswa (10,81 %) menjadi 22 siswa (59,45 %). Kesimpulan penelitian ini adalah Metode everyone is teachere here dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13727/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13727/3/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13727/4/Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13727/6/Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13727/8/Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13727/9/Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13727/11/Daftar_Pustaka_.pdf SANTOSO , ARIS TRI (2011) OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060236 |
spellingShingle | L Education (General) SANTOSO , ARIS TRI OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title | OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE
PADA POKOK BAHASAN PECAHAN
(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full | OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE
PADA POKOK BAHASAN PECAHAN
(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_fullStr | OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE
PADA POKOK BAHASAN PECAHAN
(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full_unstemmed | OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE
PADA POKOK BAHASAN PECAHAN
(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_short | OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE
PADA POKOK BAHASAN PECAHAN
(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_sort | optimalisasi minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode everyone is teacher here pada pokok bahasan pecahan ptk pada siswa kelas vii smp al islam 1 surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13727/ |
work_keys_str_mv | AT santosoaristri optimalisasiminatbelajarsiswadalampembelajaranmatematikamelaluimetodeeveryoneisteacherherepadapokokbahasanpecahanptkpadasiswakelasviismpalislam1surakartatahunajaran20102011 |