OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHERE HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010) Aris Tri Santoso, A 410 060 236, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13727/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHERE HERE
PADA POKOK BAHASAN PECAHAN
(PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
Aris Tri Santoso, A 410 060 236, Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Surakarta,
2011, 61 Halaman
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa pada
pecahan dengan menggunakan Metode everyone is teachere here dengan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara
peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah
sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek
penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIIE SMP Al-Islam
Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi,
tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif
dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat
siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa
dalam: 1) persiapan materi pembelajaran sebelum tindakan dari 18 siswa (48,64
%) menjadi 33 siswa (89,19 %), 2) mengemukakan ide dari 5 siswa (13,51 %)
menjadi 21 siswa (56,75%), 3). Mengerjakan soal-soal latihan dari guru
meningkat dari 23 siswa (62,16 %) menjadi 35 siswa (94,59 %), 5) Menanyakan
yang belum jelas meningkat dari 4 siswa (10,81 %) menjadi 22 siswa (59,45 %).
Kesimpulan penelitian ini adalah Metode everyone is teachere here dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa.
|
---|