PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK di kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK di kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) Yudhita Eka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: EKA PRATIWI , YUDHITA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13725/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK di kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) Yudhita Eka Pratiwi, A410070051, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 88 Halaman Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ). Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data, observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mau mencatat materi yang dijelaskan oleh guru sebelum tindakan 34,28%, putaran I 48,48%, putaran II 64,71% dan di akhir tindakan 87,5%, b) mau mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 11,43%, putaran I 24,24%, putaran II 41,18% dan di akhir tindakan 53,12%, c) mau maju mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum tindakan 8,57%, putaran I 15,15%, putaran II 32,35% dan di akhir tindakan 56,25% dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai KKM yaitu 65 sebelum tindakan 28,57%, putaran I 45,45%, putaran II 74,47%, putaran III 93,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.