PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK di kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK di kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) Yudhita Eka...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13725/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A
QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK
(PTK di kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 2 Surakarta
Tahun Ajaran 2010/2011)
Yudhita Eka Pratiwi, A410070051, Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2011, 88 Halaman
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar pada
kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A
Question (LSQ) dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada kubus dan
balok melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question
(LSQ). Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan
adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, yang berjumlah 35
siswa. Metode pengumpulan data, observasi, tes, dokumentasi, dan catatan
lapangan. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.
Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan keaktifan belajar
siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mau
mencatat materi yang dijelaskan oleh guru sebelum tindakan 34,28%, putaran I
48,48%, putaran II 64,71% dan di akhir tindakan 87,5%, b) mau mengajukan
pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 11,43%, putaran I 24,24%, putaran II
41,18% dan di akhir tindakan 53,12%, c) mau maju mengerjakan latihan soal di
depan kelas sebelum tindakan 8,57%, putaran I 15,15%, putaran II 32,35% dan di
akhir tindakan 56,25% dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat
nilai lebih dari nilai KKM yaitu 65 sebelum tindakan 28,57%, putaran I 45,45%,
putaran II 74,47%, putaran III 93,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa
penerapan strategi Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar siswa.
|
---|