UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa u...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13721/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995953766170624 |
---|---|
author | AMBARWATI, DIAN |
author_facet | AMBARWATI, DIAN |
author_sort | AMBARWATI, DIAN |
collection | ePrints |
description | Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah menggunakan metode
konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan
kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah
sehingga perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk
terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA.
Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran scramble. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran IPA dengan strategi pembelajaran scramble pada siswa
kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen tahun
ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri
atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga
siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara,
dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini adalah
dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan
siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan
Masaran, kabupaten Sragen dalam pembelajaran IPA melalui strategi scramble.
Sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang hanya
mencapai 57,813. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat
mencapai 60,313. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat
mencapai 71,875. Pada siklus III nilai hasil belajar siswa mencapai 82,5.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13721 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13721 https://eprints.ums.ac.id/13721/ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011 AMBARWATI, DIAN L Education (General) Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran scramble. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan strategi pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen dalam pembelajaran IPA melalui strategi scramble. Sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang hanya mencapai 57,813. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 60,313. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 71,875. Pada siklus III nilai hasil belajar siswa mencapai 82,5. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/7/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/18/Lampiran-lampiran.pdf AMBARWATI, DIAN (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070160 |
spellingShingle | L Education (General) AMBARWATI, DIAN UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI
FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN
STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA
KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN
SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
|
title_full | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI
FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN
STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA
KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN
SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
|
title_fullStr | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI
FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN
STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA
KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN
SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
|
title_full_unstemmed | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI
FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN
STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA
KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN
SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
|
title_short | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI
FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN
STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA
KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN
SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
|
title_sort | upaya meningkatkan hasil belajar ipa pada materi fungsi dan bagian bagian tumbuhan dengan strategi pembelajaran scramble pada siswa kelas iv sd negeri sidodadi 2 masaran sragen tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13721/ |
work_keys_str_mv | AT ambarwatidian upayameningkatkanhasilbelajaripapadamaterifungsidanbagianbagiantumbuhandenganstrategipembelajaranscramblepadasiswakelasivsdnegerisidodadi2masaransragentahunajaran20102011 |