UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa u...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AMBARWATI, DIAN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13721/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995953766170624
author AMBARWATI, DIAN
author_facet AMBARWATI, DIAN
author_sort AMBARWATI, DIAN
collection ePrints
description Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran scramble. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan strategi pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen dalam pembelajaran IPA melalui strategi scramble. Sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang hanya mencapai 57,813. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 60,313. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 71,875. Pada siklus III nilai hasil belajar siswa mencapai 82,5.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13721
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13721 https://eprints.ums.ac.id/13721/ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011 AMBARWATI, DIAN L Education (General) Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran scramble. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan strategi pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen dalam pembelajaran IPA melalui strategi scramble. Sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang hanya mencapai 57,813. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 60,313. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 71,875. Pada siklus III nilai hasil belajar siswa mencapai 82,5. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/7/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13721/18/Lampiran-lampiran.pdf AMBARWATI, DIAN (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070160
spellingShingle L Education (General)
AMBARWATI, DIAN
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_full UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_short UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_sort upaya meningkatkan hasil belajar ipa pada materi fungsi dan bagian bagian tumbuhan dengan strategi pembelajaran scramble pada siswa kelas iv sd negeri sidodadi 2 masaran sragen tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13721/
work_keys_str_mv AT ambarwatidian upayameningkatkanhasilbelajaripapadamaterifungsidanbagianbagiantumbuhandenganstrategipembelajaranscramblepadasiswakelasivsdnegerisidodadi2masaransragentahunajaran20102011