PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini Meningkatkan Pemahaman Simbol-simbol Peta Provinsi Jawa Tengah Siswa Kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dengan jumlah 35 siswa ( 13 putra dan 22 putri). Sumber data dalam penelitian ini...
Bewaard in:
Hoofdauteur: | |
---|---|
Formaat: | Thesis |
Taal: | English English English English English English English English |
Gepubliceerd in: |
2011
|
Onderwerpen: | |
Online toegang: | https://eprints.ums.ac.id/13718/ |
Tags: |
Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
|
_version_ | 1804995952927309824 |
---|---|
author | PRASETYANINGSIH, ANIK DWI |
author_facet | PRASETYANINGSIH, ANIK DWI |
author_sort | PRASETYANINGSIH, ANIK DWI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini Meningkatkan Pemahaman Simbol-simbol Peta
Provinsi Jawa Tengah Siswa Kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten Tahun
Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang
dengan jumlah 35 siswa ( 13 putra dan 22 putri). Sumber data dalam penelitian ini
terdiri dari siswa kelas 1V MIM Krakitan dan kolaborator(guru kelas
1V).Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi),wawancara, dan
dokumen. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis terdiri dari data aktivitas
siswa dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger, Aktivitas guru dan data
tes hasil belajar IPS dengan model treffinger. Dalam penelitian ini, Peran peneliti
sebagai guru dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger sedangkan
kolaborator sebagai pengamat jalannya model pembelajaran IPS dengan model
treffinger. Pekasanaan penelitian ini dilaksankan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian penerapan model Treffinger untuk
meningkatkan pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah siswa kelas
1V MIM Krakitan Bayat Klaten dapat disimpulkan peningkatan ketelitian siswa
dalam pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah yang pada siklus I
hanya 34,28%, siklus II 51,42%, siklus III 94,28% dan Ketuntasan pada siklus I
sebesar 37, 13 % , siklus II 48,57 %, siklus III 94, 28 %.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13718 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13718 https://eprints.ums.ac.id/13718/ PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 PRASETYANINGSIH, ANIK DWI L Education (General) Tujuan penelitian ini Meningkatkan Pemahaman Simbol-simbol Peta Provinsi Jawa Tengah Siswa Kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dengan jumlah 35 siswa ( 13 putra dan 22 putri). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas 1V MIM Krakitan dan kolaborator(guru kelas 1V).Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi),wawancara, dan dokumen. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis terdiri dari data aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger, Aktivitas guru dan data tes hasil belajar IPS dengan model treffinger. Dalam penelitian ini, Peran peneliti sebagai guru dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger sedangkan kolaborator sebagai pengamat jalannya model pembelajaran IPS dengan model treffinger. Pekasanaan penelitian ini dilaksankan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model Treffinger untuk meningkatkan pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah siswa kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten dapat disimpulkan peningkatan ketelitian siswa dalam pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah yang pada siklus I hanya 34,28%, siklus II 51,42%, siklus III 94,28% dan Ketuntasan pada siklus I sebesar 37, 13 % , siklus II 48,57 %, siklus III 94, 28 %. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/15/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/22/LAMPIRAN.pdf PRASETYANINGSIH, ANIK DWI (2011) PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510081043 |
spellingShingle | L Education (General) PRASETYANINGSIH, ANIK DWI PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA
PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN
BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_full | PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA
PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN
BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_fullStr | PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA
PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN
BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_full_unstemmed | PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA
PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN
BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_short | PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA
PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN
BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
|
title_sort | penerapan model treffinger dalam pembelajaran ips untuk meningkatkan pemahaman simbol simbol peta provinsi jawa tengah siswa kelas 1v mim krakitan bayat klaten tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13718/ |
work_keys_str_mv | AT prasetyaningsihanikdwi penerapanmodeltreffingerdalampembelajaranipsuntukmeningkatkanpemahamansimbolsimbolpetaprovinsijawatengahsiswakelas1vmimkrakitanbayatklatentahunpelajaran20102011 |