PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini Meningkatkan Pemahaman Simbol-simbol Peta Provinsi Jawa Tengah Siswa Kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dengan jumlah 35 siswa ( 13 putra dan 22 putri). Sumber data dalam penelitian ini...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRASETYANINGSIH, ANIK DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13718/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995952927309824
author PRASETYANINGSIH, ANIK DWI
author_facet PRASETYANINGSIH, ANIK DWI
author_sort PRASETYANINGSIH, ANIK DWI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini Meningkatkan Pemahaman Simbol-simbol Peta Provinsi Jawa Tengah Siswa Kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dengan jumlah 35 siswa ( 13 putra dan 22 putri). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas 1V MIM Krakitan dan kolaborator(guru kelas 1V).Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi),wawancara, dan dokumen. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis terdiri dari data aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger, Aktivitas guru dan data tes hasil belajar IPS dengan model treffinger. Dalam penelitian ini, Peran peneliti sebagai guru dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger sedangkan kolaborator sebagai pengamat jalannya model pembelajaran IPS dengan model treffinger. Pekasanaan penelitian ini dilaksankan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model Treffinger untuk meningkatkan pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah siswa kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten dapat disimpulkan peningkatan ketelitian siswa dalam pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah yang pada siklus I hanya 34,28%, siklus II 51,42%, siklus III 94,28% dan Ketuntasan pada siklus I sebesar 37, 13 % , siklus II 48,57 %, siklus III 94, 28 %.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13718
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13718 https://eprints.ums.ac.id/13718/ PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 PRASETYANINGSIH, ANIK DWI L Education (General) Tujuan penelitian ini Meningkatkan Pemahaman Simbol-simbol Peta Provinsi Jawa Tengah Siswa Kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dengan jumlah 35 siswa ( 13 putra dan 22 putri). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas 1V MIM Krakitan dan kolaborator(guru kelas 1V).Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi),wawancara, dan dokumen. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis terdiri dari data aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger, Aktivitas guru dan data tes hasil belajar IPS dengan model treffinger. Dalam penelitian ini, Peran peneliti sebagai guru dalam pembelajaran IPS dengan model treffinger sedangkan kolaborator sebagai pengamat jalannya model pembelajaran IPS dengan model treffinger. Pekasanaan penelitian ini dilaksankan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model Treffinger untuk meningkatkan pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah siswa kelas 1V MIM Krakitan Bayat Klaten dapat disimpulkan peningkatan ketelitian siswa dalam pemahaman simbol-simbol peta Provinsi Jawa Tengah yang pada siklus I hanya 34,28%, siklus II 51,42%, siklus III 94,28% dan Ketuntasan pada siklus I sebesar 37, 13 % , siklus II 48,57 %, siklus III 94, 28 %. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/15/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13718/22/LAMPIRAN.pdf PRASETYANINGSIH, ANIK DWI (2011) PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510081043
spellingShingle L Education (General)
PRASETYANINGSIH, ANIK DWI
PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMBOL-SIMBOL PETA PROVINSI JAWA TENGAH SISWA KELAS 1V MIM KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penerapan model treffinger dalam pembelajaran ips untuk meningkatkan pemahaman simbol simbol peta provinsi jawa tengah siswa kelas 1v mim krakitan bayat klaten tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13718/
work_keys_str_mv AT prasetyaningsihanikdwi penerapanmodeltreffingerdalampembelajaranipsuntukmeningkatkanpemahamansimbolsimbolpetaprovinsijawatengahsiswakelas1vmimkrakitanbayatklatentahunpelajaran20102011