PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK MATERI KEGIATAN JUAL BELI MELALUI METODE SIMULASI PADA KELAS III SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 NUSUKAN, SURAKARTA TAHUN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada pokok materi kegiatan jual beli menggunakan penerapan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakart...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGRAHA, SIGIT WAHYU
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13716/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada pokok materi kegiatan jual beli menggunakan penerapan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakarta yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada pokok materi kegiatan jual beli. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan sebelum tindakan sebesar 40,42% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 57,45% pada siklus I, kemudian 72,34% pada siklus II dan 95,74% di siklus III dengan siswa sebanyak 47.Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes dengan KKM sebesar 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode simulasi pada mata pelajaran IPS dalam pokok materi kegiatan jual beli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakarta.