PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK MATERI KEGIATAN JUAL BELI MELALUI METODE SIMULASI PADA KELAS III SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 NUSUKAN, SURAKARTA TAHUN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada pokok materi kegiatan jual beli menggunakan penerapan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakart...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13716/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada
pokok materi kegiatan jual beli menggunakan penerapan metode simulasi. Jenis
penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan
adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakarta yang berjumlah
47 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS pada pokok materi kegiatan jual beli. Hal ini dapat dilihat dari
hasil pelaksanaan sebelum tindakan sebesar 40,42% dan setelah dilakukan
tindakan sebesar 57,45% pada siklus I, kemudian 72,34% pada siklus II dan
95,74% di siklus III dengan siswa sebanyak 47.Hasil penelitian ini diperoleh dari
hasil tes dengan KKM sebesar 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa
penerapan metode simulasi pada mata pelajaran IPS dalam pokok materi kegiatan
jual beli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 3
Nusukan, Surakarta.
|
---|