PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI DENGAN METODE DEMONSTRASI DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunan metode pembelajaran Kooperatif Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dilengkapi dengan metode Demonstrasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh antivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NIANTI, ARIN HERLIN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13715/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunan metode pembelajaran Kooperatif Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dilengkapi dengan metode Demonstrasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh antivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) Interaksi antara metode pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi dengan matode Demonstrasi dan aktivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 119 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa, terdiri dari 40 siswa kelas kontrol dan 40 siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling secara berkelompok. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 5,393, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan FB = 19,209, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 0,277.