PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI DENGAN METODE DEMONSTRASI DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunan metode pembelajaran Kooperatif Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dilengkapi dengan metode Demonstrasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh antivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13715/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunan metode
pembelajaran Kooperatif Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI)
yang dilengkapi dengan metode Demonstrasi terhadap prestasi belajar
matematika, (2) pengaruh antivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika siswa, (3) Interaksi antara metode pembelajaran Kooperatif tipe Team
Assisted Individualization (TAI) dilengkapi dengan matode Demonstrasi dan
aktivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman
Surakarta yang berjumlah 119 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini
sebanyak 80 siswa, terdiri dari 40 siswa kelas kontrol dan 40 siswa kelas
eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling
secara berkelompok. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang
sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode
liliefors untuk uji normalitas dan signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat
pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan FA =
5,393, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika dengan FB = 19,209, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode
pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika
dengan FAB = 0,277.
|
---|