PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

Keterampilan menulis teks berita SMP Muhammadiyah 5 Surakarta masih rendah. Hal ini disebabkan penggunaan teknik ceramah. Penggunaan teknik pengamatan objek langsung diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan minat siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan menulis, terutama menulis teks berita. Tuj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HASANAH, USWATUN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13713/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995951774924800
author HASANAH, USWATUN
author_facet HASANAH, USWATUN
author_sort HASANAH, USWATUN
collection ePrints
description Keterampilan menulis teks berita SMP Muhammadiyah 5 Surakarta masih rendah. Hal ini disebabkan penggunaan teknik ceramah. Penggunaan teknik pengamatan objek langsung diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan minat siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan menulis, terutama menulis teks berita. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan menulis teks berita dan (2) perubahan tingkah laku siswa setelah pembelajaran menulis teks berita dengan teknik pengamatan objek langsung. Manfaat penelitian ini untuk mengembangkan teknik pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita dan menjadi bahan referensi dalam peningkatan menulis teks berita. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta adalah peningkatan nilai rata-rata siswa menulis teks berita dengan teknik pengamatan objek langsung sebesar 42,17%. Terlihat dari hasil prasiklus menunjukkan rata-rata nilai siswa 56,66 masuk kategori kurang. Pada siklus II, rata-rata siswa menjadi 71,38 kategori cukup dan terakhir meningkat dengan nilai rata-rata siswa 86,56 pada siklus II dalam ketegori sangat baik. Selisih peningkatan prasiklus ke siklus I sebesar 14,72 atau 39,78%. Sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,18 atau 42,17%. Perubahan tingkah laku yang tampak dalam pembelajaran menulis teks berita dengan teknik pengamatan objek langsung yaitu siswa merasa senang, lebih bersemangat, aktif, dan lebih mandiri dalam mengerjakan tugasnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan pembelajaran dengan teknik pengamatan objek langsung dalam kegiatan menulis teks berita. Kemudian, siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan berlatih menulis khususnya teks berita. Saran yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk khasanah ilmu bahasa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13713
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13713 https://eprints.ums.ac.id/13713/ PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011 HASANAH, USWATUN L Education (General) Keterampilan menulis teks berita SMP Muhammadiyah 5 Surakarta masih rendah. Hal ini disebabkan penggunaan teknik ceramah. Penggunaan teknik pengamatan objek langsung diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan minat siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan menulis, terutama menulis teks berita. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan menulis teks berita dan (2) perubahan tingkah laku siswa setelah pembelajaran menulis teks berita dengan teknik pengamatan objek langsung. Manfaat penelitian ini untuk mengembangkan teknik pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita dan menjadi bahan referensi dalam peningkatan menulis teks berita. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta adalah peningkatan nilai rata-rata siswa menulis teks berita dengan teknik pengamatan objek langsung sebesar 42,17%. Terlihat dari hasil prasiklus menunjukkan rata-rata nilai siswa 56,66 masuk kategori kurang. Pada siklus II, rata-rata siswa menjadi 71,38 kategori cukup dan terakhir meningkat dengan nilai rata-rata siswa 86,56 pada siklus II dalam ketegori sangat baik. Selisih peningkatan prasiklus ke siklus I sebesar 14,72 atau 39,78%. Sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,18 atau 42,17%. Perubahan tingkah laku yang tampak dalam pembelajaran menulis teks berita dengan teknik pengamatan objek langsung yaitu siswa merasa senang, lebih bersemangat, aktif, dan lebih mandiri dalam mengerjakan tugasnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan pembelajaran dengan teknik pengamatan objek langsung dalam kegiatan menulis teks berita. Kemudian, siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan berlatih menulis khususnya teks berita. Saran yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk khasanah ilmu bahasa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13713/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13713/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13713/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13713/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13713/10/bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13713/15/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13713/22/DAFTAR_PUSTAKA.pdf HASANAH, USWATUN (2011) PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070310
spellingShingle L Education (General)
HASANAH, USWATUN
PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
title PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
title_full PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
title_fullStr PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
title_full_unstemmed PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
title_short PENGGUNAAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIC DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
title_sort penggunaan teknik pengamatan objek langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas viiic di smp muhammadiyah 5 surakarta tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13713/
work_keys_str_mv AT hasanahuswatun penggunaanteknikpengamatanobjeklangsunguntukmeningkatkankemampuanmenulisteksberitapadasiswakelasviiicdismpmuhammadiyah5surakartatahunpelajaran20102011