PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: (1) pengaruh metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelaj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSANTI, FINDA ARI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13712/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995951498100736
author SUSANTI, FINDA ARI
author_facet SUSANTI, FINDA ARI
author_sort SUSANTI, FINDA ARI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: (1) pengaruh metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Alhikmah Mayong Jepara yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa yang terdiri dari 43 siswa sebagai kelas Reciprocal Teaching dan 42 siswa sebagai kelas Accelerated Learning. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program SPSS untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dapat didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 4,957 > Ftabel = 4,000 dengan α = 5%.(2)Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 4,256 > Ftabel = 3,150 dengan α = 5%, (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari penelitian diperoleh Fhitung = 0,258 < Ftabel = 3,150 dengan α = 5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembelajaran dan motivasi belajar, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13712
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13712 https://eprints.ums.ac.id/13712/ PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa SUSANTI, FINDA ARI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: (1) pengaruh metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Alhikmah Mayong Jepara yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa yang terdiri dari 43 siswa sebagai kelas Reciprocal Teaching dan 42 siswa sebagai kelas Accelerated Learning. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program SPSS untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan Accelerated Learning terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dapat didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 4,957 > Ftabel = 4,000 dengan α = 5%.(2)Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 4,256 > Ftabel = 3,150 dengan α = 5%, (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari penelitian diperoleh Fhitung = 0,258 < Ftabel = 3,150 dengan α = 5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembelajaran dan motivasi belajar, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13712/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13712/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13712/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13712/4/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13712/5/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13712/8/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13712/22/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13712/24/09_Lampiran.pdf SUSANTI, FINDA ARI (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070187
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUSANTI, FINDA ARI
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa
title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa
title_full PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa
title_fullStr PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa
title_full_unstemmed PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa
title_short PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen pada Kelas X SMA Islam Al hikmah Mayong Jepa
title_sort pengaruh metode pembelajaran reciprocal teaching dan accelerated learning terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa penelitian eksperimen pada kelas x sma islam al hikmah mayong jepa
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13712/
work_keys_str_mv AT susantifindaari pengaruhmetodepembelajaranreciprocalteachingdanacceleratedlearningterhadapprestasibelajarmatematikaditinjaudarimotivasibelajarsiswapenelitianeksperimenpadakelasxsmaislamalhikmahmayongjepa