PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media catatan harian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan ref...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROHMATIN, ENY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13711/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995951208693760
author ROHMATIN, ENY
author_facet ROHMATIN, ENY
author_sort ROHMATIN, ENY
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media catatan harian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan media catatan harian yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data observasi berupa aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi dan data berupa hasil karangan narasi siswa dan nilai menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa baik dalam aspek kognitif maupun motivasi belajar. Aspek kognitif dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai 62, pada saat pra siklus ada sebanyak 16 siswa (47%), siklus I sebanyak 25 siswa (78%), dan pada siklus II sebanyak 32 siswa (94%). Rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yakni pada pra siklus sebesar 60,5, siklus I sebesar 70, dan pada siklus II sebesar 74. Peningkatan motivasi belajar meliputi dua hal yakni keaktifan dan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran. Dilihat dari keaktifan siswa dari pra siklus sampai siklus II sebesar (4-9-14), sedangkan dari kesiapan siswa sebesar (19-24-34). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media catatan harian dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13711
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13711 https://eprints.ums.ac.id/13711/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 ROHMATIN, ENY L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media catatan harian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan media catatan harian yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data observasi berupa aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi dan data berupa hasil karangan narasi siswa dan nilai menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa baik dalam aspek kognitif maupun motivasi belajar. Aspek kognitif dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai 62, pada saat pra siklus ada sebanyak 16 siswa (47%), siklus I sebanyak 25 siswa (78%), dan pada siklus II sebanyak 32 siswa (94%). Rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yakni pada pra siklus sebesar 60,5, siklus I sebesar 70, dan pada siklus II sebesar 74. Peningkatan motivasi belajar meliputi dua hal yakni keaktifan dan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran. Dilihat dari keaktifan siswa dari pra siklus sampai siklus II sebesar (4-9-14), sedangkan dari kesiapan siswa sebesar (19-24-34). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media catatan harian dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13711/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13711/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13711/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13711/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13711/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13711/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13711/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf ROHMATIN, ENY (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070293
spellingShingle L Education (General)
ROHMATIN, ENY
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan media catatan harian pada peserta didik kelas viia di smp muhammadiyah 1 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13711/
work_keys_str_mv AT rohmatineny peningkatankemampuanmenuliskarangannarasidenganmediacatatanharianpadapesertadidikkelasviiadismpmuhammadiyah1surakartatahunajaran20102011