EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta )
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, (2) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh kemampuan awal siswa terhadap pres...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13710/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995950935015424 |
---|---|
author | HARYANTI, WAHYU IKA |
author_facet | HARYANTI, WAHYU IKA |
author_sort | HARYANTI, WAHYU IKA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, (2) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) menganalisis efek interaksi antara metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta kelas VIII semester genap tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dua kelas yaitu siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode liliefor untuk uji normalitas dan metode bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA = 6,776 (2) ada pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FB = 12,154 (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB = 2,668. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13710 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13710 https://eprints.ums.ac.id/13710/ EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ) HARYANTI, WAHYU IKA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, (2) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) menganalisis efek interaksi antara metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta kelas VIII semester genap tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dua kelas yaitu siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode liliefor untuk uji normalitas dan metode bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA = 6,776 (2) ada pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FB = 12,154 (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB = 2,668. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13710/1/02._HALAMAN_AWAL.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13710/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13710/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13710/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13710/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13710/12/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13710/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13710/19/09._LAMPIRAN.pdf HARYANTI, WAHYU IKA (2011) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070080 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education HARYANTI, WAHYU IKA EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ) |
title | EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ) |
title_full | EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ) |
title_fullStr | EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ) |
title_full_unstemmed | EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ) |
title_short | EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ) |
title_sort | eksperimen pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran conceptual understanding procedures cups dan auditory intellectualy repetition air ditinjau dari kemampuan awal pada pokok bahasan luas dan volume kubus serta balok pada kelas viii semester ii smp muhammadiyah 1 surakarta |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13710/ |
work_keys_str_mv | AT haryantiwahyuika eksperimenpembelajaranmatematikamelaluimetodepembelajaranconceptualunderstandingprocedurescupsdanauditoryintellectualyrepetitionairditinjaudarikemampuanawalpadapokokbahasanluasdanvolumekubussertabalokpadakelasviiisemesteriismpmuhammadiyah1surakarta |