PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY – TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode Cooperative Learning tipe Two Stay – Two Stray pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: FAJARWATI, RENY
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13709/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode Cooperative Learning tipe Two Stay – Two Stray pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat meliputi aspek: a) siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 14,71% dan setelah tindakan 58,82%, b) siswa yang mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan 11,76% dan setelah tindakan 52,94%, c) siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 17,65% dan setelah tindakan 67,65%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Two Stay – Two Stray dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.