PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa. 2) pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri siswa. 3) pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sisw...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIAWATI, DESI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13707/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995950116077568
author KURNIAWATI, DESI
author_facet KURNIAWATI, DESI
author_sort KURNIAWATI, DESI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa. 2) pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri siswa. 3) pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kartasura dengan jumlah seluruhnya 200 siswa. Sampel diambil sebanyak 80 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,552 > 1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Rasa Percaya diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,229 > 1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 33,998 > 3,115 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi memberikan sumbangan efektif 20,8% dan variabel Rasa percaya diri memberikan sumbangan efektif 26,1%. Jadi total sumbangan efektif adalah 46,9%, sedangkan 32,3% sisanya oleh variabel yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13707
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13707 https://eprints.ums.ac.id/13707/ PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 KURNIAWATI, DESI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa. 2) pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri siswa. 3) pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kartasura dengan jumlah seluruhnya 200 siswa. Sampel diambil sebanyak 80 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,552 > 1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Rasa Percaya diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,229 > 1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 33,998 > 3,115 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi memberikan sumbangan efektif 20,8% dan variabel Rasa percaya diri memberikan sumbangan efektif 26,1%. Jadi total sumbangan efektif adalah 46,9%, sedangkan 32,3% sisanya oleh variabel yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13707/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13707/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13707/7/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13707/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13707/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13707/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13707/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13707/20/LAMPIRAN.pdf KURNIAWATI, DESI (2011) PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070020
spellingShingle LB Theory and practice of education
KURNIAWATI, DESI
PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas xi ips sma negeri 1 kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13707/
work_keys_str_mv AT kurniawatidesi persepsisiswatentangpelajaranakuntansidanrasapercayadiriterhadapprestasibelajarsiswakelasxiipssmanegeri1kartasuratahunajaran20102011