PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS IV SDN MAKAM HAJI 03 KARTASURA PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika pada pokok operasi hitung campuran menggunakan penerapan metode kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13698/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar
Matematika pada pokok operasi hitung campuran menggunakan penerapan
metode kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian ini
adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas IV SDN Makam Haji 03 Kartasura, Sukoharjo yang berjumlah 24 siswa.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, catatan
lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran Matematika pada pokok materi operasi hitung
campuran. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran pada ranah
afektif yaitu adanya peningkatan dari kemampuan bertanya: 62.5% pada siklus I,
66.6% pada siklus II, 87.5% pada siklus III. Menjawab pertanyaan: 58.3% di
siklus I, 75% di siklus II, 91.6% pada siklus III. Mengerjakan soal didepan kelas:
58.3% siklus I, 70.8% siklus II, 87.5% siklus III. Mengerjakan soal-soal latihan:
62.5% pada siklus I, 66.6% pada siklus II, 83.3% pada siklus III. Sedangkan pada
ranah kognitif yaitu: sebelum tindakan sebesar 29% dan setelah dilakukan
tindakan sebesar 54% pada siklus I, kemudian 75% pada siklus II dan 87.5% di
siklus III dengan siswa sebanyak 24. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes
dengan KKM sebesar ≥ 65. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan
metode kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran
Matematika dalam pokok materi operasi hitung campuran dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Makam Haji 03 Kartasura.
|
---|