STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga)

Tujuan penelitian ini adalah untuk:1) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN Pandean 3 yang menggunakan alat peraga. 2) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga, 3) Untuk mengetahui...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIFUDDIN, MAHFUD
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13697/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995947390828544
author ARIFUDDIN, MAHFUD
author_facet ARIFUDDIN, MAHFUD
author_sort ARIFUDDIN, MAHFUD
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk:1) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN Pandean 3 yang menggunakan alat peraga. 2) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga, 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN pandean 3 yang menggunakan alat peraga dan siswa kelas V SDN Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Pandean 3 dan siswa SDN Pandean 4 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 300 siswa dan 190 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 49 siswa dari SDN Pandean 3 dan 35 siswa dari SDN Pandean 4. Pengambilan data hasil belajar IPA dengan menggunakan tes. Berdasarkan perhitungan uji t pada α=5%, dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa SDN Pandean 3 yang menggunakan alat peraga dengan siswa SDN Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga. Hal ini ditunjukkan oleh harga thit = 14,24216 > ttabel = 1,645. Serta Hasil belajar siswa SDN Pandean 3 lebih baik daripada siswa SDN Pandean 4 dengan hasil nilai rata-rata IPA siswa SDN Pandean 3 =8,6 dan hasil nilai rata-rata siswa SDN Pandean 4 =6,2.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13697
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13697 https://eprints.ums.ac.id/13697/ STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga) ARIFUDDIN, MAHFUD L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk:1) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN Pandean 3 yang menggunakan alat peraga. 2) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga, 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN pandean 3 yang menggunakan alat peraga dan siswa kelas V SDN Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Pandean 3 dan siswa SDN Pandean 4 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 300 siswa dan 190 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 49 siswa dari SDN Pandean 3 dan 35 siswa dari SDN Pandean 4. Pengambilan data hasil belajar IPA dengan menggunakan tes. Berdasarkan perhitungan uji t pada α=5%, dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa SDN Pandean 3 yang menggunakan alat peraga dengan siswa SDN Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga. Hal ini ditunjukkan oleh harga thit = 14,24216 > ttabel = 1,645. Serta Hasil belajar siswa SDN Pandean 3 lebih baik daripada siswa SDN Pandean 4 dengan hasil nilai rata-rata IPA siswa SDN Pandean 3 =8,6 dan hasil nilai rata-rata siswa SDN Pandean 4 =6,2. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13697/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13697/4/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13697/6/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13697/9/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13697/13/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13697/17/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13697/20/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13697/23/09_LAMPIRAN.pdf ARIFUDDIN, MAHFUD (2011) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070021
spellingShingle L Education (General)
ARIFUDDIN, MAHFUD
STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga)
title STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga)
title_full STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga)
title_fullStr STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga)
title_full_unstemmed STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga)
title_short STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga)
title_sort studi perbandingan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas v sdn pandean 3 dan siswa kelas v sdn pandean 4 tahun pelajaran 2010 2011 yang menggunakan alat peraga dan yang tidak menggunakan alat peraga
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13697/
work_keys_str_mv AT arifuddinmahfud studiperbandinganhasilbelajarilmupengetahuanalamsiswakelasvsdnpandean3dansiswakelasvsdnpandean4tahunpelajaran20102011yangmenggunakanalatperagadanyangtidakmenggunakanalatperaga