STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN PANDEAN 3 DAN SISWA KELAS V SDN PANDEAN 4 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Yang Menggunakan Alat Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Alat Peraga)
Tujuan penelitian ini adalah untuk:1) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN Pandean 3 yang menggunakan alat peraga. 2) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga, 3) Untuk mengetahui...
Saved in:
Hovedforfatter: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Sprog: | English English English English English English English English |
Udgivet: |
2011
|
Fag: | |
Online adgang: | https://eprints.ums.ac.id/13697/ |
Tags: |
Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk:1) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu
pengetahuan alam siswa kelas V SDN Pandean 3 yang menggunakan alat peraga.
2) Untuk mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN
Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga, 3) Untuk mengetahui adanya
perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN pandean 3
yang menggunakan alat peraga dan siswa kelas V SDN Pandean 4 yang tidak
menggunakan alat peraga. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN
Pandean 3 dan siswa SDN Pandean 4 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 300
siswa dan 190 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 49 siswa dari SDN
Pandean 3 dan 35 siswa dari SDN Pandean 4. Pengambilan data hasil belajar IPA
dengan menggunakan tes.
Berdasarkan perhitungan uji t pada α=5%, dapat disimpulkan bahwa
Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa SDN Pandean 3 yang menggunakan
alat peraga dengan siswa SDN Pandean 4 yang tidak menggunakan alat peraga.
Hal ini ditunjukkan oleh harga thit = 14,24216 > ttabel = 1,645. Serta Hasil belajar
siswa SDN Pandean 3 lebih baik daripada siswa SDN Pandean 4 dengan hasil
nilai rata-rata IPA siswa SDN Pandean 3 =8,6 dan hasil nilai rata-rata siswa SDN
Pandean 4 =6,2.
|
---|