STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ipa dengan menggunakan metode inkuiri dan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHYONO, JOKO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13696/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995947117150208
author WAHYONO, JOKO
author_facet WAHYONO, JOKO
author_sort WAHYONO, JOKO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ipa dengan menggunakan metode inkuiri dan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kateguhan 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode inkuiri dan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Kateguhan 01. Tawangsari tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,05>1,67) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan metode inkuiri (8,38) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan metode ceramah (7,60) atau terdapat selisih (0,78). Artinya pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik (lebih efektif) dalah meningkatkan hasil belajar IPA.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13696
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13696 https://eprints.ums.ac.id/13696/ STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011 WAHYONO, JOKO L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ipa dengan menggunakan metode inkuiri dan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kateguhan 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode inkuiri dan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Kateguhan 01. Tawangsari tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,05>1,67) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan metode inkuiri (8,38) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan metode ceramah (7,60) atau terdapat selisih (0,78). Artinya pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik (lebih efektif) dalah meningkatkan hasil belajar IPA. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13696/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13696/4/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13696/7/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13696/10/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13696/13/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13696/16/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13696/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13696/22/09._Lampiran.pdf WAHYONO, JOKO (2011) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070161
spellingShingle L Education (General)
WAHYONO, JOKO
STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011
title STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011
title_full STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011
title_fullStr STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011
title_full_unstemmed STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011
title_short STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011
title_sort studi komparasi penggunaan metode inkuiri dan metode ceramah terhadap prestasi belajar bidang studi ipa pada siswa kelas iv sd n kateguhan i tawangsari sukoharjo 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13696/
work_keys_str_mv AT wahyonojoko studikomparasipenggunaanmetodeinkuiridanmetodeceramahterhadapprestasibelajarbidangstudiipapadasiswakelasivsdnkateguhanitawangsarisukoharjo2011