STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ipa dengan menggunakan metode inkuiri dan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13696/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil
belajar ipa dengan menggunakan metode inkuiri dan metode ceramah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan
melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SDN Kateguhan 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang
berjumlah 60 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA
antara metode inkuiri dan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Kateguhan 01.
Tawangsari tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai
thitung > ttabel (2,05>1,67) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada
pembelajaran yang menggunakan metode inkuiri (8,38) lebih tinggi daripada hasil
belajar menggunakan metode ceramah (7,60) atau terdapat selisih (0,78). Artinya
pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik (lebih efektif) dalah meningkatkan
hasil belajar IPA.
|
---|