PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS V SDN 01 JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD dengan menggunakan strategi TPS. Subyek penelitian ini antara lain guru kelas V SDN 01 Jatipuro sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas V SDN 01 Jatipuro sebagai subyek penerima tindakan. Obyek penelitian ini a...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tesis |
Lenguaje: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2011
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://eprints.ums.ac.id/13693/ |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
Sumario: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD
dengan menggunakan strategi TPS. Subyek penelitian ini antara lain guru kelas
V SDN 01 Jatipuro sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas V SDN 01
Jatipuro sebagai subyek penerima tindakan. Obyek penelitian ini adalah
peningkatan motivasi belajar IPS pada anak kelas V SD. Data dalam penelitian
ini adalah motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran IPS. Data dianalisis sejak
tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, sebanyak
tiga kali putaran siklus dan setiap tindakan terdiri dari tiga tahapan yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa
yang meliputi : 1) tekun mengerjakan tugas mengalami peningkatan dari 50%
pada siklus I, menjadi 66,66% pada siklus II, dan 86,66% pada siklus III. 2)
keaktifan siswa dalam bertanya mengalami peningkatan dari 26,66% pada siklus
I menjadi 50% pada siklus II dan 73,33% pada siklus III. 3) siswa aktif
menjawab pertanyaan mengalami peningkatan dari 33,33% pada siklus I
menjadi 60% pada siklus II dan 76,66% pada siklus III. 4) siswa berani
mengemukakan pendapat mengalami peningkatan dari 10% pada siklus I
menjadi 26.66% pada siklus II dan 50% pada siklus III. 5) antusias siswa
terhadap pelajaran mengalami peningkatan dari 66,66% pada siklus I menjadi
80% pada siklus II, dan 90% pada siklus III.
|
---|