PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GAYAMDOMPO KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan metode take and give berbasis kontekstual dalam mingkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan bulat, (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika. Subj...
Guardat en:
Autor principal: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicat: |
2011
|
Matèries: | |
Accés en línia: | https://eprints.ums.ac.id/13692/ |
Etiquetes: |
Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
|
Sumari: | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan metode
take and give berbasis kontekstual dalam mingkatkan hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan
bulat, (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar
matematika. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SD
Negeri 01 Gayamdompo yang berjumlah 40 anak. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, dan metode
observasi.
Tes disini adalah berupa soal-soal yang dihubungkan dengan
kehidupan sehari-hari. Metode analisis data yang digunakan adalah
analysis interactive model yang dimulai dari tahap pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan
penelitian dapat dilihat hasil dari penelitian tersebut dengan hasil belajar
siklus I sebesar 55,75%, siklus II adalah 77,25% dan kemudian siklus II
adalah 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode take and give berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil
belajar siswa yang sebelumnya rendah.
|
---|