UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini meliputi tujuan umum yaitu: 1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta, 2) untuk melatih siswa dalam belajar berkelompok, mengemukakan pendapat dalam berdiskusi, dan mampu memecahakan soal, dan 3) untuk meningkatkan pemahaman si...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHAYUNINGSIH, IKA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13691/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995946301358080
author RAHAYUNINGSIH, IKA
author_facet RAHAYUNINGSIH, IKA
author_sort RAHAYUNINGSIH, IKA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini meliputi tujuan umum yaitu: 1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta, 2) untuk melatih siswa dalam belajar berkelompok, mengemukakan pendapat dalam berdiskusi, dan mampu memecahakan soal, dan 3) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pelajaran IPS. Sedangkan tujuan khususnya yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui metode STAD pada siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun langkah-langkah penelitian tindakan kelas meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta dalam pembelajaran IPS melalui metode STAD (Student Teams Achievement Division). Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian kognitif yang dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan siswa disetiap siklus. Dalam siklus I mempunyai nilai hasil rata-rata kelas 6,39, siklus II 7,18 sedangkan siklus III adalah 8,02. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “ Penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13691
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13691 https://eprints.ums.ac.id/13691/ UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 RAHAYUNINGSIH, IKA L Education (General) Tujuan penelitian ini meliputi tujuan umum yaitu: 1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta, 2) untuk melatih siswa dalam belajar berkelompok, mengemukakan pendapat dalam berdiskusi, dan mampu memecahakan soal, dan 3) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pelajaran IPS. Sedangkan tujuan khususnya yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui metode STAD pada siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun langkah-langkah penelitian tindakan kelas meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta dalam pembelajaran IPS melalui metode STAD (Student Teams Achievement Division). Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian kognitif yang dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan siswa disetiap siklus. Dalam siklus I mempunyai nilai hasil rata-rata kelas 6,39, siklus II 7,18 sedangkan siklus III adalah 8,02. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “ Penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13691/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13691/4/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13691/7/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13691/10/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13691/12/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13691/14/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13691/18/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13691/21/09_LAMPIRAN.pdf RAHAYUNINGSIH, IKA (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070128
spellingShingle L Education (General)
RAHAYUNINGSIH, IKA
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort upaya peningkatan hasil belajar ips melalui metode stad student teams achievement division pada siswa kelas iv c sd muhammadiyah 16 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13691/
work_keys_str_mv AT rahayuningsihika upayapeningkatanhasilbelajaripsmelaluimetodestadstudentteamsachievementdivisionpadasiswakelasivcsdmuhammadiyah16surakartatahunajaran20102011