UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini meliputi tujuan umum yaitu: 1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta, 2) untuk melatih siswa dalam belajar berkelompok, mengemukakan pendapat dalam berdiskusi, dan mampu memecahakan soal, dan 3) untuk meningkatkan pemahaman si...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13691/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini meliputi tujuan umum yaitu: 1) untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta, 2) untuk melatih
siswa dalam belajar berkelompok, mengemukakan pendapat dalam berdiskusi,
dan mampu memecahakan soal, dan 3) untuk meningkatkan pemahaman siswa
dalam materi pelajaran IPS. Sedangkan tujuan khususnya yaitu untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar IPS melalui metode STAD pada siswa kelas IV C SD
Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Adapun langkah-langkah penelitian tindakan kelas
meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah
dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data peningkatan
hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16
Surakarta dalam pembelajaran IPS melalui metode STAD (Student Teams
Achievement Division). Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil
belajar siswa yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian kognitif yang
dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan siswa disetiap siklus. Dalam siklus I
mempunyai nilai hasil rata-rata kelas 6,39, siklus II 7,18 sedangkan siklus III
adalah 8,02. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis
yang menyatakan “ Penerapan metode STAD (Student Teams Achievement
Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada
siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2010/2011
terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
|
---|