PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE RANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran dengan menggunaan media puzzle rantai terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas II SD Muhammadiya...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Ձևաչափ: | Թեզիս |
Լեզու: | English English English English English English English English |
Հրապարակվել է: |
2011
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | https://eprints.ums.ac.id/13685/ |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
Ամփոփում: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran
dengan menggunaan media puzzle rantai terhadap kemampuan menyelesaikan soal
cerita matematika siswa kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta.
Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas II SD Muhammadiyah Program
Khusus Surakarta berjumlah 64 siswa. Sampel diambil sebanyak 32 siswa dengan
teknik sampel populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana,
uji t, koefisien determinasi, dan sumbangan efektif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier sederhana
yaitu Y = 43,48+0,62X, artinya kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika
dipengaruhi oleh penggunaan media puzzle rantai. Hasil analisis menunjukkan
bahwa penggunaan media puzzle rantai berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini terbukti dari hasil uji t
pada taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung > ttabel yaitu 4,564 > 1,694. Variabel media
puzzle rantai memberikan sumbangan efektif terhadap kemampuan menyelesaikan
soal cerita matematika sebesar 42,21%.
|
---|