PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Membaca Terhadap Perbendaharaan Kata dan Tingkah Laku Siswa Kelas IV SD N 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu melakukan uji hipotesis de...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English English English English English |
প্রকাশিত: |
2011
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/13679/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
_version_ | 1804995943032946688 |
---|---|
author | KURNIAWAN, M. AFIF |
author_facet | KURNIAWAN, M. AFIF |
author_sort | KURNIAWAN, M. AFIF |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Membaca Terhadap
Perbendaharaan Kata dan Tingkah Laku Siswa Kelas IV SD N 01 Selo,
Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/ 2011.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu melakukan
uji hipotesis dengan analisis statistik. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan deskriptif. Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan membuat deskripsi
(penggambaran) secara sistematis mengenai fakta atau sifat populasi di tempat
penelitian berdasarkan pada data statistik, yaitu untuk mengungkapkan adanya
pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata dan tingkah laku siswa.
Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 01 selo Kecamatan
Tawangharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2010/ 2011 sebanyak 35
siswa, siswa laki-laki berjumlah 20 dan siswa perempuan berjumlah 15 siswa.
Penelitian ini menggunakan kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi
sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh membaca terhadap
perbendaharaan kata serta pengaruh membaca terhadap tingkah laku siswa.
Dari hasil analisis data dan pembahasan maka menghasilkan kesimpulan
bahwa Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap perbendaharaan kata
siswa kelas IV SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan.
Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung >
Ftabel (63,085 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau
kontribusi dari kegiatan membaca terhadap perbendaharaan kata adalah
sebesar 65,7%, sedangkan 34,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti dan Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap tingkah laku
siswa kelas V SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan.
Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung >
Ftabel (50,646 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau
kontribusi dari kegiatan membaca terhadap tingkah laku siswa adalah sebesar
60,5%, sedangkan 39,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13679 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13679 https://eprints.ums.ac.id/13679/ PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011 KURNIAWAN, M. AFIF L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Membaca Terhadap Perbendaharaan Kata dan Tingkah Laku Siswa Kelas IV SD N 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu melakukan uji hipotesis dengan analisis statistik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan membuat deskripsi (penggambaran) secara sistematis mengenai fakta atau sifat populasi di tempat penelitian berdasarkan pada data statistik, yaitu untuk mengungkapkan adanya pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata dan tingkah laku siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 01 selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2010/ 2011 sebanyak 35 siswa, siswa laki-laki berjumlah 20 dan siswa perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata serta pengaruh membaca terhadap tingkah laku siswa. Dari hasil analisis data dan pembahasan maka menghasilkan kesimpulan bahwa Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap perbendaharaan kata siswa kelas IV SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (63,085 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau kontribusi dari kegiatan membaca terhadap perbendaharaan kata adalah sebesar 65,7%, sedangkan 34,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap tingkah laku siswa kelas V SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (50,646 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau kontribusi dari kegiatan membaca terhadap tingkah laku siswa adalah sebesar 60,5%, sedangkan 39,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/3/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/7/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/8/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/12/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/16/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/20/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/23/09_LAMPIRAN.pdf KURNIAWAN, M. AFIF (2011) PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070009 |
spellingShingle | L Education (General) KURNIAWAN, M. AFIF PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011 |
title | PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN
TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN
TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN AJARAN 2010/ 2011
|
title_full | PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN
TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN
TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN AJARAN 2010/ 2011
|
title_fullStr | PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN
TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN
TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN AJARAN 2010/ 2011
|
title_full_unstemmed | PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN
TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN
TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN AJARAN 2010/ 2011
|
title_short | PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN
TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN
TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN AJARAN 2010/ 2011
|
title_sort | pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata dan tingkah laku siswa kelas iv sd n 01 selo kecamatan tawangharjo kabupaten grobogan tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13679/ |
work_keys_str_mv | AT kurniawanmafif pengaruhmembacaterhadapperbendaharaankatadantingkahlakusiswakelasivsdn01selokecamatantawangharjokabupatengrobogantahunajaran20102011 |