PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Membaca Terhadap Perbendaharaan Kata dan Tingkah Laku Siswa Kelas IV SD N 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu melakukan uji hipotesis de...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIAWAN, M. AFIF
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13679/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995943032946688
author KURNIAWAN, M. AFIF
author_facet KURNIAWAN, M. AFIF
author_sort KURNIAWAN, M. AFIF
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Membaca Terhadap Perbendaharaan Kata dan Tingkah Laku Siswa Kelas IV SD N 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu melakukan uji hipotesis dengan analisis statistik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan membuat deskripsi (penggambaran) secara sistematis mengenai fakta atau sifat populasi di tempat penelitian berdasarkan pada data statistik, yaitu untuk mengungkapkan adanya pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata dan tingkah laku siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 01 selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2010/ 2011 sebanyak 35 siswa, siswa laki-laki berjumlah 20 dan siswa perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata serta pengaruh membaca terhadap tingkah laku siswa. Dari hasil analisis data dan pembahasan maka menghasilkan kesimpulan bahwa Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap perbendaharaan kata siswa kelas IV SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (63,085 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau kontribusi dari kegiatan membaca terhadap perbendaharaan kata adalah sebesar 65,7%, sedangkan 34,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap tingkah laku siswa kelas V SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (50,646 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau kontribusi dari kegiatan membaca terhadap tingkah laku siswa adalah sebesar 60,5%, sedangkan 39,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13679
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13679 https://eprints.ums.ac.id/13679/ PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011 KURNIAWAN, M. AFIF L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Membaca Terhadap Perbendaharaan Kata dan Tingkah Laku Siswa Kelas IV SD N 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu melakukan uji hipotesis dengan analisis statistik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan membuat deskripsi (penggambaran) secara sistematis mengenai fakta atau sifat populasi di tempat penelitian berdasarkan pada data statistik, yaitu untuk mengungkapkan adanya pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata dan tingkah laku siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 01 selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2010/ 2011 sebanyak 35 siswa, siswa laki-laki berjumlah 20 dan siswa perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata serta pengaruh membaca terhadap tingkah laku siswa. Dari hasil analisis data dan pembahasan maka menghasilkan kesimpulan bahwa Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap perbendaharaan kata siswa kelas IV SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (63,085 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau kontribusi dari kegiatan membaca terhadap perbendaharaan kata adalah sebesar 65,7%, sedangkan 34,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap tingkah laku siswa kelas V SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (50,646 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau kontribusi dari kegiatan membaca terhadap tingkah laku siswa adalah sebesar 60,5%, sedangkan 39,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/3/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/7/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/8/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/12/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/16/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/20/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13679/23/09_LAMPIRAN.pdf KURNIAWAN, M. AFIF (2011) PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070009
spellingShingle L Education (General)
KURNIAWAN, M. AFIF
PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_full PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_fullStr PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_full_unstemmed PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_short PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_sort pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata dan tingkah laku siswa kelas iv sd n 01 selo kecamatan tawangharjo kabupaten grobogan tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13679/
work_keys_str_mv AT kurniawanmafif pengaruhmembacaterhadapperbendaharaankatadantingkahlakusiswakelasivsdn01selokecamatantawangharjokabupatengrobogantahunajaran20102011