PENGARUH MEMBACA TERHADAP PERBENDAHARAAN KATA DAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS IV SD N 01 SELO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Membaca Terhadap Perbendaharaan Kata dan Tingkah Laku Siswa Kelas IV SD N 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu melakukan uji hipotesis de...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13679/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Membaca Terhadap
Perbendaharaan Kata dan Tingkah Laku Siswa Kelas IV SD N 01 Selo,
Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/ 2011.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu melakukan
uji hipotesis dengan analisis statistik. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan deskriptif. Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan membuat deskripsi
(penggambaran) secara sistematis mengenai fakta atau sifat populasi di tempat
penelitian berdasarkan pada data statistik, yaitu untuk mengungkapkan adanya
pengaruh membaca terhadap perbendaharaan kata dan tingkah laku siswa.
Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 01 selo Kecamatan
Tawangharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2010/ 2011 sebanyak 35
siswa, siswa laki-laki berjumlah 20 dan siswa perempuan berjumlah 15 siswa.
Penelitian ini menggunakan kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi
sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh membaca terhadap
perbendaharaan kata serta pengaruh membaca terhadap tingkah laku siswa.
Dari hasil analisis data dan pembahasan maka menghasilkan kesimpulan
bahwa Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap perbendaharaan kata
siswa kelas IV SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan.
Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung >
Ftabel (63,085 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau
kontribusi dari kegiatan membaca terhadap perbendaharaan kata adalah
sebesar 65,7%, sedangkan 34,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti dan Kegiatan membaca berpengaruh positif terhadap tingkah laku
siswa kelas V SDN 01 Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan.
Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung >
Ftabel (50,646 > 4,17) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan atau
kontribusi dari kegiatan membaca terhadap tingkah laku siswa adalah sebesar
60,5%, sedangkan 39,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti.
|
---|