APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi berfikir kreatif dalam menggunakan metode diskusi terbimbing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 3 Nogosari.Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kre...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUSTIKANINGSIH, RATNA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13677/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995942487687168
author MUSTIKANINGSIH, RATNA
author_facet MUSTIKANINGSIH, RATNA
author_sort MUSTIKANINGSIH, RATNA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi berfikir kreatif dalam menggunakan metode diskusi terbimbing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 3 Nogosari.Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah, sedangkan variabel tindakan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi terbimbing. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV SDN 1 Nogosari kecamatan nogosari, kabupaten Boyolali yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data variabel peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah melalui penggunaan metode diskusi terbimbing. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumen. Teknik analisis data yang di gunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan, atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I memperoleh nilai rata-rata diskusi kelompok sebanyak 63,5 dan rata-rata kelas 61,9 dengan rincian siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 12 siswa atau 54,54% dan yang mendapat nilai < 65 sebanyak 10 siswa atau 45,45%. Pada siklus II nilai rata-rata diskusi kelompoksebanyak 78 dan rata-rata kelas mencapai 68 dengan rincian siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 18 siswa atau 81,82% dan yang mendapat nilai < 65 sebanyak 4 siswa atau 18,18%. Pada siklus III nilai rata-rata diskusi kelompok 81 dan nilai rata-rata kelas mencapai 76,14 dengan rincian semua siswa mendapat nilai > 65 yaitu sebanyak 22 siswa atau 100% jadi tidak ada siswa yang mendapat nilai < 65. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi terbimbing dapat meningkatkan kompetensi berpikir kreatif pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13677
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13677 https://eprints.ums.ac.id/13677/ APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 MUSTIKANINGSIH, RATNA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi berfikir kreatif dalam menggunakan metode diskusi terbimbing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 3 Nogosari.Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah, sedangkan variabel tindakan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi terbimbing. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV SDN 1 Nogosari kecamatan nogosari, kabupaten Boyolali yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data variabel peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah melalui penggunaan metode diskusi terbimbing. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumen. Teknik analisis data yang di gunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan, atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I memperoleh nilai rata-rata diskusi kelompok sebanyak 63,5 dan rata-rata kelas 61,9 dengan rincian siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 12 siswa atau 54,54% dan yang mendapat nilai < 65 sebanyak 10 siswa atau 45,45%. Pada siklus II nilai rata-rata diskusi kelompoksebanyak 78 dan rata-rata kelas mencapai 68 dengan rincian siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 18 siswa atau 81,82% dan yang mendapat nilai < 65 sebanyak 4 siswa atau 18,18%. Pada siklus III nilai rata-rata diskusi kelompok 81 dan nilai rata-rata kelas mencapai 76,14 dengan rincian semua siswa mendapat nilai > 65 yaitu sebanyak 22 siswa atau 100% jadi tidak ada siswa yang mendapat nilai < 65. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi terbimbing dapat meningkatkan kompetensi berpikir kreatif pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13677/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13677/4/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13677/6/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13677/9/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13677/12/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13677/17/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13677/20/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13677/23/9._Lampiran.pdf MUSTIKANINGSIH, RATNA (2011) APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070051
spellingShingle L Education (General)
MUSTIKANINGSIH, RATNA
APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort aplikasi metode diskusi terbimbing dalam meningkatkan kompetensi berpikir kreatif pada pembelajaran ips siswa kelas iv sdn 3 nogosari boyolali tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13677/
work_keys_str_mv AT mustikaningsihratna aplikasimetodediskusiterbimbingdalammeningkatkankompetensiberpikirkreatifpadapembelajaranipssiswakelasivsdn3nogosariboyolalitahunajaran20102011