APLIKASI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 3 NOGOSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi berfikir kreatif dalam menggunakan metode diskusi terbimbing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 3 Nogosari.Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kre...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13677/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi berfikir
kreatif dalam menggunakan metode diskusi terbimbing pada pembelajaran IPS
siswa kelas IV SDN 3 Nogosari.Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kreatif
dalam menyelesaikan masalah, sedangkan variabel tindakan yang di gunakan
dalam penelitian ini adalah metode diskusi terbimbing.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas
IV SDN 1 Nogosari kecamatan nogosari, kabupaten Boyolali yang berjumlah 22
anak. Teknik pengumpulan data variabel peningkatan kemampuan berpikir kreatif
dalam menyelesaikan masalah melalui penggunaan metode diskusi terbimbing.
Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumen.
Teknik analisis data yang di gunakan adalah model analisis interaktif yang
mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan
kesimpulan, atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada
siklus I memperoleh nilai rata-rata diskusi kelompok sebanyak 63,5 dan rata-rata
kelas 61,9 dengan rincian siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 12 siswa atau
54,54% dan yang mendapat nilai < 65 sebanyak 10 siswa atau 45,45%. Pada
siklus II nilai rata-rata diskusi kelompoksebanyak 78 dan rata-rata kelas mencapai
68 dengan rincian siswa yang mendapat nilai > 65 sebanyak 18 siswa atau 81,82%
dan yang mendapat nilai < 65 sebanyak 4 siswa atau 18,18%. Pada siklus III nilai
rata-rata diskusi kelompok 81 dan nilai rata-rata kelas mencapai 76,14 dengan
rincian semua siswa mendapat nilai > 65 yaitu sebanyak 22 siswa atau 100% jadi
tidak ada siswa yang mendapat nilai < 65.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan
menggunakan metode diskusi terbimbing dapat meningkatkan kompetensi
berpikir kreatif pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Nogosari Boyolali Tahun
Ajaran 2010/2011.
|
---|