PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan keharmonisan keluarga dan kedisiplinan be...
Αποθηκεύτηκε σε:
Κύριος συγγραφέας: | |
---|---|
Μορφή: | Thesis |
Γλώσσα: | English English English English English English English English |
Έκδοση: |
2011
|
Θέματα: | |
Διαθέσιμο Online: | https://eprints.ums.ac.id/13674/ |
Ετικέτες: |
Προσθήκη ετικέτας
Δεν υπάρχουν, Καταχωρήστε ετικέτα πρώτοι!
|
Περίληψη: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan
keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang
signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh
yang signifikan keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar secara bersama-
sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua
siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 142 siswa. Sampel diambil
sebanyak 47 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi
ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu
Y= 29,38 + 0,52X1 + 0,67X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi
oleh keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar. Hasil analisis menunjukkan
bahwa: (1) Keharmonisan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar
matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5%
diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,556 > 1,679. (2) Kedisiplinan belajar berpengaruh
signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t
pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,033 > 1,679. (3)
Keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf
signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 5,944 > 3,209. Variabel keharmonisan
keluarga memberikan sumbangan relatif sebesar 38,05% dan sumbangan efektif
7,99%. Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 61,95%
dan sumbangan efektif 13,01%.
|
---|