PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah ”untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan pendekatan belajar tuntas dan metode snowball throwing terhadap siswa kelas V SD Negeri Plumbon 2”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Penelitian ini mengambil lokasi di S...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: KUMALASARI, DEBA
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
English
English
English
English
English
English
Almmustuhtton: 2011
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/13672/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
_version_ 1804995941115101184
author KUMALASARI, DEBA
author_facet KUMALASARI, DEBA
author_sort KUMALASARI, DEBA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah ”untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan pendekatan belajar tuntas dan metode snowball throwing terhadap siswa kelas V SD Negeri Plumbon 2”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Plumbon 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD N PLUMBON 2 dengan jumlah 50 siswa. Kelas VA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen A yang diberi perlakuan pembelajaran dengan Pendekatan Belajar Tuntas ( Mastery Learning), dan siswa kelas VB yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen B yang diberi perlakuan pembelajaran dengan mertode Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (uji perbedaan rerata). Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan Hasil belajar matematika antara pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dengan metode pembelajaran snowball throwing. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,211> 2,011. 2) Hasil belajar matematika siswa yang dikenai pendekatan belajar tuntas (mastery learning) lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran snowball throwing. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 81,6 > 74,2.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13672
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13672 https://eprints.ums.ac.id/13672/ PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011 KUMALASARI, DEBA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah ”untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan pendekatan belajar tuntas dan metode snowball throwing terhadap siswa kelas V SD Negeri Plumbon 2”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Plumbon 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD N PLUMBON 2 dengan jumlah 50 siswa. Kelas VA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen A yang diberi perlakuan pembelajaran dengan Pendekatan Belajar Tuntas ( Mastery Learning), dan siswa kelas VB yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen B yang diberi perlakuan pembelajaran dengan mertode Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (uji perbedaan rerata). Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan Hasil belajar matematika antara pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dengan metode pembelajaran snowball throwing. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,211> 2,011. 2) Hasil belajar matematika siswa yang dikenai pendekatan belajar tuntas (mastery learning) lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran snowball throwing. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 81,6 > 74,2. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13672/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13672/4/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13672/6/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13672/7/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13672/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13672/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13672/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13672/15/Lampiran-Lampiran.pdf KUMALASARI, DEBA (2011) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070099
spellingShingle L Education (General)
KUMALASARI, DEBA
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort perbandingan hasil belajar matematika dengan pendekatan belajar tuntas dan metode snowball throwing terhadap siswa kelas v sd negeri plumbon 2 kecamatan sambungmacan kabupaten sragen tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13672/
work_keys_str_mv AT kumalasarideba perbandinganhasilbelajarmatematikadenganpendekatanbelajartuntasdanmetodesnowballthrowingterhadapsiswakelasvsdnegeriplumbon2kecamatansambungmacankabupatensragentahunajaran20102011