NILAI – NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NUSANTARA MENCARI GURU SEJATI DAN RELEVANSINYA DI SD NEGERI I BOWAN KECAMATAN DELANGGU

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pengajaran sastra di Sekolah Dasar jika dilaksanakan secara baik-baik dan benar, paling tidak sedikit banyak dapat menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi anak yang pada tingkat selanjutnya menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: NUGROHO, NOVIK WAHYU
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13669/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pengajaran sastra di Sekolah Dasar jika dilaksanakan secara baik-baik dan benar, paling tidak sedikit banyak dapat menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi anak yang pada tingkat selanjutnya menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi bangsa Indonesia. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan serta makna pembelajaran nilai yang terdapat dalam cerita rakyat Mencari Guru Sejati karya Angga Wicaksono dan implikasinya di SD Negeri I Bowan Kec. Delanggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan serta makna pembelajaran nilai yang terdapat dalam cerita rakyat Mencari Guru Sejati karya Angga Wicaksono. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku cerita rakyat yang berjudul Mencari Guru Sejati Karya Angga Wicaksono. Obyek penelitian adalah nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam buku cerita rakyat Mencari Guru Sejati. Metode pengumpulan datanya adalah analisis isi, wawancara, observasi. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita rakyat Mencari Guru Sejati Karya Angga Wicaksono meliputi: nilai religius, nilai sosial, nilai moral dan nilai etika.