NILAI – NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NUSANTARA MENCARI GURU SEJATI DAN RELEVANSINYA DI SD NEGERI I BOWAN KECAMATAN DELANGGU
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pengajaran sastra di Sekolah Dasar jika dilaksanakan secara baik-baik dan benar, paling tidak sedikit banyak dapat menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi anak yang pada tingkat selanjutnya menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13669/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pengajaran sastra di
Sekolah Dasar jika dilaksanakan secara baik-baik dan benar, paling tidak sedikit
banyak dapat menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi anak yang pada
tingkat selanjutnya menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi bangsa
Indonesia. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai
pendidikan serta makna pembelajaran nilai yang terdapat dalam cerita rakyat
Mencari Guru Sejati karya Angga Wicaksono dan implikasinya di SD Negeri I
Bowan Kec. Delanggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai
pendidikan serta makna pembelajaran nilai yang terdapat dalam cerita rakyat
Mencari Guru Sejati karya Angga Wicaksono. Metode penelitian ini yang
digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini
adalah buku cerita rakyat yang berjudul Mencari Guru Sejati Karya Angga
Wicaksono. Obyek penelitian adalah nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam
buku cerita rakyat Mencari Guru Sejati. Metode pengumpulan datanya adalah
analisis isi, wawancara, observasi. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut: Nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita rakyat Mencari
Guru Sejati Karya Angga Wicaksono meliputi: nilai religius, nilai sosial, nilai
moral dan nilai etika.
|
---|