PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH MENGGUNAKAN CHART UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi dan media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan strategi Index Card Match menggunakan Chart. Strategi Index Card Match adalah strategi yang cukup menyenangkan, sehingga dapat membuat pelajaran tetap melekat dalam p...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13665/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan strategi dan media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan strategi Index Card Match menggunakan Chart. Strategi Index Card Match adalah strategi yang cukup menyenangkan, sehingga dapat membuat pelajaran tetap melekat dalam pikiran siswa dan menjadikan belajar tidak terlupakan, sedangkan chart adala h media gambar yang mudah dimengerti, sederhana dan dapat diganti pada waktu-waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi Index Card Macth menggunakan Chart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis
data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas VIII C SMP Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata -rata hasil belajar kognitif produk siswa 55,68 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 66,53 dan rata -rata pada siklus II meningkat menjadi 70,00. Sedangkan untuk perilaku
afektif pada siklus I dengan rata-rata 11,77 dengan kriteria cukup berminat dan meningkat pada siklus II menjadi 20,58 dengan kriteria sangat berminat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Index Card Match menggunakan Chart dapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP
Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2010/2011 pada materi sistem peredaran darah manusia. |
---|