PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode Konvensional dan metode NHT (Numbered Head Together). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Arjosari yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ad...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIJANARKO, NUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13664/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995938939305984
author WIJANARKO, NUR
author_facet WIJANARKO, NUR
author_sort WIJANARKO, NUR
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode Konvensional dan metode NHT (Numbered Head Together). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Arjosari yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes, yang sebelumnya dilakukan uji praysarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewargnegaraan antara metode konvensional dengan metode NHT (Numbered Head Together), dengan uji t diperoleh thitung = 2,028. (2) Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang dikenai metode NHT (Numbered Head Together) lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13664
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13664 https://eprints.ums.ac.id/13664/ PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011 WIJANARKO, NUR L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode Konvensional dan metode NHT (Numbered Head Together). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Arjosari yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes, yang sebelumnya dilakukan uji praysarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewargnegaraan antara metode konvensional dengan metode NHT (Numbered Head Together), dengan uji t diperoleh thitung = 2,028. (2) Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang dikenai metode NHT (Numbered Head Together) lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13664/1/02_HALAMAN_DEPAN_nur.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13664/4/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13664/6/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13664/9/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13664/12/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13664/16/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13664/19/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13664/21/09_LAMPIRAN.pdf WIJANARKO, NUR (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070249
spellingShingle L Education (General)
WIJANARKO, NUR
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
title PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort perbedaan hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan metode konvensional dan metode nht numbered head together pada kelas v sd negeri i arjosari tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13664/
work_keys_str_mv AT wijanarkonur perbedaanhasilbelajarmatapelajaranpendidikankewarganegaraandenganmenggunakanmetodekonvensionaldanmetodenhtnumberedheadtogetherpadakelasvsdnegeriiarjosaritahunajaran20102011