PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode Konvensional dan metode NHT (Numbered Head Together). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Arjosari yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ad...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: WIJANARKO, NUR
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
English
English
English
English
English
English
Almmustuhtton: 2011
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/13664/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode Konvensional dan metode NHT (Numbered Head Together). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Arjosari yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes, yang sebelumnya dilakukan uji praysarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewargnegaraan antara metode konvensional dengan metode NHT (Numbered Head Together), dengan uji t diperoleh thitung = 2,028. (2) Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang dikenai metode NHT (Numbered Head Together) lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.