PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA KELAS V SD NEGERI I ARJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode Konvensional dan metode NHT (Numbered Head Together). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Arjosari yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ad...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English English English English English |
প্রকাশিত: |
2011
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/13664/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
সংক্ষিপ্ত: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan
menggunakan metode Konvensional dan metode NHT (Numbered Head
Together). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I
Arjosari yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
t-tes, yang sebelumnya dilakukan uji praysarat analisis dengan metode Lilliefors
untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis
data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil
belajar Pendidikan Kewargnegaraan antara metode konvensional dengan metode
NHT (Numbered Head Together), dengan uji t diperoleh thitung = 2,028. (2) Hasil
belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang dikenai metode NHT (Numbered
Head Together) lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional. Hal
ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan
Kewarganegaraan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.
|
---|